Monday 13 November 2017

YouTube Sebagai Media Publikasi Karya Mahasiswa Universitas Trunojoyo

Televisi sebagai media publikasi yang sangat efektif saat ini, banyak sekali yang di publikasikan di Televisi, mulai dari iklan, sinetron, film, bahkan dunia jurnalistik dan karya lain. Hal ini memang belum tertandingi oleh media manapun sebagai salah satu media audio visual, karena dengan televisi masyarakat dapat mendapat banyak informasi, hiburan dan banyak hal lainnya. Namun di era modern ini tidak hanya televisi yang dapat berperan sebagai media publikasi, sekarang banyak media-media lain yang mulai satu persatu bermunculan. Salah satunya adalah media yang dapat diakses secara online. Seperti youtube misalnya, merupakan wibesite yang menampilkan video-video dari seluruh dunia. Mungkin tidak sebaik, semudah dan semurah televisi untuk diakses, namun youtube menawarkan berbagai macam tayangan dari penjuru dunia yang tentunya lebih luas dibandingkan tayangan di televisi. Tidak puas hanya dengan melihat trailer favorit anda di bioskop atau menonton video klip artis kesayangan lewat layar Televisi. Youtube yang menjadi solusi ketidak puasan itu, hampir semua video yang anda lihat setiap hari di layar kaca atau bioskop bisa dilihat kembali lewat youtube.


Adapun beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu, bukan hanya sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang sangat berguna. Seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang banyak. maka dari itu salah satu karya yang diupload adalah berhubungan dengan iklan layanan masyarakat dengan harapan dapat memberi pelajaran moral bagi yang menyaksikan. Di program studi Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo, memanfaatkan youtube sebagai tempat publikasi karya dari mahasiswanya. Dengan tujuan untuk pengumpulan tugas, serta dengan harapan karya video tersebut dapat dilihat oleh khalayak umum, dengan kata lain sebagai media promosi program studi. Biasanya video yang diupload berupa company profile, aktifitas kuliah, aktifitas diluar kuliah, kegiatan organisasi, video tugas seperti lipsync, iklan layanan masyarakat dan bahkan film pendek.

Hashtag yang biasa digunakan oleh mahasiswa ilmu komunikasi universitas trunojoyo untuk setiap karya yang diupload ke youtube harus diberikan hashtag #CIE. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh ketu program studi, dengantujuan untuk mengategorikan karya-karya mahasiswa ilmu komunikasi. Selain itu, untuk mempermudah dalam mencari karya-karya mahasiswa ilmu komunikasi dengan hanya melakukan pencarian menggunakan hastag “#CIE”, Sehingga dengan menuliskan itu di kolom pencarian maka seluruh karya yang ada akan muncul dan dapat di youtube secara online. #CIE ini dimaksudkan sebagai ciri khas dari program studi ilmu komunikasi di universitas trunojoyo madura, yaitu huruf “C” untuk kata creative, lalu huruf “I” untuk kata innovative, serta huruf “E” untuk kata Exist. Dengan seperti itu diharapkan karya-karya yang dipublikasikan dapat menjadi karya-karya yang kreatif, inovatif dan selalu eksis, khususnya di youtube.

Ehya nitip pesan ni, sekalian di-open link channel youtube ini : www.youtube.com/c/hasbiainurrohman kemudian di-SUBSCRIBE ya :D




Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home