Tuesday 31 January 2017

Baju Batik dari Desa Gemawang, Semarang

Sekilas Gemawang adalah daerah perdesaan yang dianggap gaya bajunya tidaklah modern, namun hal itu dibantah oleh hasil karya warga gemawang. Pasalnya warga gemawang hanya membuat batik namun mereka akhirnya berinovasi lagi untuk membuat desain baju dan menciptakan baju-baju batik bergaya modern.

Sekitar tahun 2008 baju batik ini mulai dicoba untuk dibuat dan diikutkan pada pameran-pameran yang ada. hal tersebut mendapat respon baik dari konsumen karena produknya semakin dikenal dan diminati di luar negeri.


Bekerja sama dengan Banaran 9 coffee and tea sebagai bentuk promosi ke pihak konsumen. Desain batik gemawang ini juga dipakai oleh para karyawan Banaran 9 coffee and tea sebagaimana tindakan kerjasama yang saling menguntungkan. Pakaian tersebut terlihat sangat modern dan menambah daya tarik dari pihak Banaran 9 coffee and tea sebagai café yang selalu membudayakan budaya.

Selain baju batik berbentuk kemeja ada pula batik yang dibuat serupa kebaya yang cukup menarik, dari mulai kombinasi warna hingga cara pemaduan corak pada jahitan baju batik tersebut sangatlah menarik untuk dilihat maupun dipakai.

“Baju ini didesain dan diolah oleh orang gemawang asli” ucap Ibu Alifah selaku orang yang mengatur pemproduksian.

Bu Alifah menyatakan bahwa batik yang asli dari daerah Gemawang harus dibuat oleh orang Gemawang asli. Harga yang dipatok untuk baju ini tentu lebih mahal daripada kain batiknya, berkisar 300rb hingga harga yang tak ditentukan untuk desain kain dan desain baju yang dipesan sesuai keinginan.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home