Sunday 29 January 2017

Sagio Seorang Senior Pembuat Wayang Gaya Jogja


Sagio merupakan seorang tokoh pengrajin wayang yang sudah memiliki nama cukup besar di dunia pewayangan. Beliau merupakan salah satu seorang penggemar wayang dan akhirnya beliau mulai menekuni kegiatan itu sehingga berinovasi untuk membuatnya. 

Sekitar tahun 1976 beliau membuka wirausahan toko wayang di daerah Desa Gendeng, Bantul, khususnya untuk menjual wayang gaya jogja. Wirausaha ini sangat berkembang dengan baik sehingga tidak hanya wayang gaya jogja yang di buat, ada pula kain batik, baju tari, dan beberapa jenis wayang, termasuk wayang kayu.

Tidak jarang karya bapak sagio ini digunakan oleh para dalang prefasional yang ada di Indonesia khususnya pada wayang gaya jogjanya. Maka tidak heran jika wayang yang dijual oleh bapak Sagio dipatok dengan harga yang sangat mahal. Berkisaran 100 ribu rupiah untuk wayang yang paling murah dan bisa mencapai ke harga 5 juta rupiah untuk yang paling mahal. 

Tidak hanya faktor pementasan saja yang mempengaruhi harga wayang dari bapak Sagio, melainkan nama dari bapak Sagio ini Sangat terkenal dan pernah mendapat penghargaan dari dewan kerajinan nasional dan beberapa penghargaan yang lain.

Bapak Sagio ini memiliki nama yang sangat besar sebagai tokoh pembudaya wayang gaya jogja karena beliau selalu berinovasi dengan sangat baik. hal itu bisa dilihat dari beberapa karyanya yang memiliki bentuk sangat detail dan bahan yang di pilih pun adalah kulit yang sangat bagus.

“Iya mas saya sudah lama membuat wayang dan saya sudah menggemari wayang sejak berumur belasan tahun” begitulah penjelasan dari pak Sagio, Jadi tidak akan heran bila nama Sagio begitu erat dari dunia pewayangan terutama di pewayangan gaya jogja ini.

Warga sekitar desa gendeng pasti akan mengenal pak Sagio sebagai perajin wayang gaya jogja karena beliau memang yang terlama di Desa Gendeng dan paling di minati karyanya oleh banyak orang.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home