Sunday 29 January 2017

Kain Batik Asli Desa Gemawang, Semarang


Dari sebuah inovasi warga sekitar dusun Banaran, Desa Gemawang terciptalah sebuah batik khas yang sangat berkualitas. Sejak tahun 2007 berdiri menjadi sebuah usaha yang lumaya sukses dipimpin oleh pak Abdul Kholiq Fauzi. Usaha marketing ini terus berkembang seiring persaingan yang semakin banyak. Mulai dari pameran-pameran yang diikuti produk ini hingga ke luar kota dan luar negeri.

Pembuatan batik yang dilakukan dengan cara cetak dan tulis itu sudah biasa namun yang membuat batik gemawang ini berbeda adalah motif yang bisa di pesan dan beberapa warna yang dipakai merupakan warna alami. Warna alami tersebut diambil dari kulit-kulitan ataupun daun-daunan. Untuk harga batik ini memang berharga sangat mahal berkisar 200 ribu sampai 5 juta pun juga tersedia. Harga tersebut disesuaikan dengan kerumitan dan proses pembuatan yang lama berkisar 2 hari hingga 1 bulan.

“Batik ini tidak ada di daerah lain, ya cuman disini produkasinya” ucap mas fajar selaku karyawan. Jadi dengan seperti itu produk ini adalah produk original dan tidak akan salah bila dijadikan oleh-oleh apa bila berkunjung di daerah Jogja maupun Semarang.

Konsumen batik ini biasanya adalah orang-orang kalangan menengah keatas melihat harganya yang cukup mahal. Selain itu, batik ini juga sering terjual di luar negeri bahkan pesanan dari beberapa konsumen selalu ada. Sudah terbukti bahwa produk ini tidak kalah kelas dengan produk lain. Pegawai-pegawainya tentu adalah orang asli di daerah Banaran karena dengan seperti itu produk ini juga akan membantu warga sekitar untuk menambah tambahan kebutuhan hidupnya.

Tidak cukup sampai di sini, produksi batik ini juga merambah pasar pakaian. Beberapa kain memang dijual dalam bentuk kain tapi sebagian yang lain dijual dalam bentuk pakaian. Seputar pakain batik dari Gemawang akan aku bahas dalam artikel ini (Baju Batik dari Desa Gemawang).

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home