Sunday 29 January 2017

Wayang Kulit Asli dari Jogja (Gaya Jogja)


Wayang Sudah sangat dikenal di indonesia karena memang budaya ini sudah dikenalkan di beberapa Negara di luar negeri. Tidak heran jika wayang di jawa memiliki ciri khas disetiap daerahnya, setiap daerah juga memiliki budaya yang sedikit berbeda. Terutama di jogja yang memiliki sebuah wayang bergaya jogja atau biasa disebut Gagrag.

Wayang Gagrag jogja ini sudah sangat dikenal oleh warga jogja walau mungkin orang luar jogja tidak terlalu mengenalnya, namun wayang gagrag jogja inilah yang dicari kolektor dan harganya relative mahal karena adanya cuma di jogja. Ciri khas yang ada pada wayang gaya jogja ini lebih ke bentuk dan warna. Tapi tidak itu saja, wayang ini dalam alur ceritanya juga berciri khas dan propertinya pula juga berbeda dengan wayang kulit yang lain.

“Sejak zaman kraton” ungkap dari pak supri pemilik toko krajinan wayang di Desa Gendeng, Bangunjiwo, Bantul.

Skitar tahun 1700an sudah ada wayang ini, hal ini menandakan bahwa wayang gaya jogja adalah salah satu budaya jogja yang sangat tua dan istimewa.Wayang gaya jogja ini atau Gagrag adalah salah satu warisan kerajaan zaman dulu sehingga tidak heran bahwa wayang gaya jogja ini menjadi hasil budaya yang sangat dibanggakan oleh orang-orang jogja.

“Mungkin sudah susah mas kalau mencari wayang gaya jogja sekarang” ungkap pak karso pedagang di sekitar Desa gendeng. Memang benar yang dikatakan karena tidak setiap perajin wayang kulita akan membuat wayang gaya jogja ini, dengan mungkin alasan bahwa wayang gaya jogja ini memiliki tingkat kerumitan yang sedikit rumit untuk dibuat ketimbang dengan wayang kulit biasa.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home