Monday 13 November 2017

siakad.trunojoyo.ac.id itu apa? Mari Mengenal Siakad

Siakad adalah sebuah sistem informasi akademik, yang bentuk dari isinya berupa portal akademik yang menggunakan jaringan internet. Layanan ini di peruntukan kepada setiap fakultas di Universitas Trunojoyo Madura. Sistem yang dirancang untuk menampilkan data-data akademik, mengolah masukan data-data yang dilakukan baik oleh mahasiswa, dosen maupun staf pendidikan yang memiliki hak. Yang artinya, Pengguna portal akademik ini terdiri dari administrator, mahasiswa, dan dosen. Portal akademik ini juga sebagai sarana komunikasi antar civitas akademika kampus. Sistem ini dibangun dari kondisi eksistensi informasi akademik di kampus yang sangat beragam dan bervariasi bentuknya, sehingga membutuhkan sebuah “portal” yang akan mengintegrasikan informasi-informasi tersebut sehingga mempermudah akses public.

Sistem portal akademik ini juga memiliki fleksibilitas terhadap perubahan kurikulum dan kebijakan akademik, kemampuan untuk menganalisa data akademik secara cepat, mudah, dan akurat, serta memiliki kemampuan dan integrasi dan sinkronisasi data, sehingga data yang ditampilkan merupakan data yang terbaru. Dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online, seperti pembuatan kurikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi, pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa (www.siakad-online.com). Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk Kelas Virtual. Selain itu, sistem ini memungkinkan para civitas akademika Universitas Trunojoyo Madura untuk menerima informasi serta untuk melakukan aktivitas-aktivitas akademik dan proses belajar mengajar dengan lebih praktis melalui Internet.

Sebagai mahasiswa tidak perlu menyediakan infrastruktur, tidak perlu menginstall software, cukup dengan menyediakan PC atau smartphone lalu koneksikan ke internet. Portal Akademin juga dapat digunakan oleh dosen, mahasiswa, dan civitas akademika lainnya, selama terkoneksi dengan internet serta memiliki id untuk login. Cukup dengan melakukan login menggunakan id atau nomer induk mahasiswa di siakad.trunojoyo.ac.id. Dengan seperti itu, siakad ini dapat diakses secara gratis. Artinya, tidak akan dikenakan biaya atas fitur-fitur yang diakses tersebut. Sebagaimana sistem berbasis layanan lainnya seperti gmail, salesforce.com, google docs, dan sebagainya, maka tidak akan memanipulasi data tanpa persetujuan dari pihak Universitas, yang tentunya privasi data akan terjaga sesuai ketentuan layanan di siakad.trunojoyo.ac.id.


Portal akademik ini terkoneksi dengan pihak bank dan bekerja sama dalam proses pembayaran SPP dan UKT, artinya apabila mahasiswa belum membayar uang pendidikan kepada bank yang bersangkutan, maka tentu tidak akan dapat mengisi kartu rencana studi. Oleh kerena itu, sebagai mahasiswa regular seharusnya dapat memenuhi kewajibannya dalam pembayaran agar dapat mengambil sks penuh serta dapat kebagian kelas pada semestinya.

Fitur-fitur yang terdapat dalam portal akademik ini dibagi menjadi dua bagian, antara Academics dan Virtual Class. Sebagaimana fitur-fitur memiliki fungsinya masing-masing. Dalam pembagian tersebut terincikan pula berupa kolom-kolom fitur. Semisalnya, pada bagian menu Academics terdapat Halaman Depan, Panduan, Profil, Informasi Matakuliah ,Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, Transkrip Nilai, Judul Tugas Akhir, Hasil Kuisioner, Informasi Akademik, Workshop, Ubah Password, Pesan, Forum Diskusi. Selain itu, pada bagian Virtual Class terdapat pilihan Materi Kuliah, Pengumuman, Tugas Kuliah, Diskusi Online, Agenda Kelas, Agenda Pribadi, File Sharing, Referensi, Panduan.

Sengaja fasilitas atau fitur tersebut dibagi-bagi yang bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk memilih salah satu fitur tersebut, serta agar dapat dipahami dengan mudah. Dalam Portal akademik juga menyediakan fitur panduan agar pengguna bisa mempelajari cara kerja portal akademik. Panduan penggunaan portal akademik ini diperuntukkan bagi Mahasiswa sebagai suatu fasilitas yang dapat digunakan oleh Mahasiswa untuk menuntun dalam penggunaan portal akademik.

Di halaman depan akan terlihat kolom menu utama yang berisikan fitur-fitur antara Academics dan Virtual Class dan terdapat pula kolom pesan serta beberapa kolom lainnya. Halaman depan ini merupakan juga halaman perkenalan untuk mahasiswa baru yang berisikan sambutan dan pemberitahuan tentang fungsional portal akademik tersebut. Salah satu kolom yaitu kotak pesan yang merupakan fasilitas surat elektronik yang hanya dapat digunakan antar pengguna portal, dengan pembagian kolom kotak masuk, kotak terkirim, dan sampah.

Penjelasan-penjelasan tentang fitur-fitur yang ada dalam potral akademik merupakan salah satu pusat perhatian karena banyak yang kurang memahami fungsionalnya. Sering kali portal akademik ini hanya digunakan dan sangat sering digunakan pada waktu penyusunan kartu rencana studi dan ketika memlihat kartu hasil studi. Dirasa beberapa fitur yang tersedia masih banyak yang jarang digunakan oleh pengguna. Oleh karena itu, beberapa fitur akan dijelaskan dengan tujuan penjelasan tersebut diharapkan memberi pemahaman tentang fungsi-fungsi yang ada pada sistem tersebut.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa fitur-fitur dibagi menjadi dua menu salah satunya pada bagian menu Academics yang berisikan Halaman Depan, Panduan, Profil, Informasi Matakuliah ,Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, Transkrip Nilai, Judul Tugas Akhir, Hasil Kuisioner, Informasi Akademik, Workshop, Ubah Password, Pesan, Forum Diskusi.

Profil Mahasiswa berisi data pribadi pengguna portal akademik. Antara lain seperti Nama, NIM, Alamat, Tempat Tanggal Lahir, Agama, Jenis Kelamin, Asal SLTA, Tanggal Terdaftar, Identitas Orang tua, Warga Negara, dan Status Aktif Kuliah. Dimana bebeapa identitas tersebut sering kali mengalami kesalahan atau tidak sesuai dengan data diri yang diserahkan kepada pihak Universitas. Maka dari itu, apabila terdapat kesalahan data, anda dapat menghubungi bagian adminitrasi akademik untuk memperbaikinya.

Informasi Mata kuliah merupakan fitur yang berisi keseluruh matakuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa ketika semester aktif. Dari seluruh matakuliah yang terdapat pada daftar, setiap matakuliah mempunyai aturan tersendiri bergantung pada program studi, kurikulum, dan aturan akademik lainnya pada setiap semesternya. Untuk lebih jelasnya pengguna dapat melihat detil program studi, semester, dan kelas.

Ada fasilitas yang sering pula digunakan oleh pengguna khususnya mahasiswa yaitu Kartu Rencana Studi (KRS). Fitur tersebut yaitu fasilitas yang digunakan untuk pengisian KRS secara online. Fasilitas KRS Online ini hanya dapat digunakan pada saat masa KRS atau masa revisi KRS dengan ketentuan mahasiswa telah melunasi Uang Kuliah berupa SPP atau UKT. Mahasiswa dapat pula memilih matakuliah yang ingin diambil dengan jatah sks yang dimiliki dan matakuliah yang ditawarkan. Setelah melakukan pengisian KRS mahasiswa dapat mencetak KRS tersebut agar dapat ditandatangani oleh dosen pembimbingnya masing-masing. Dalam KRS tersebut terdapat keterangan identitas diri dan nama dosen pembimbing serta susunan matakuliah yang terlah dipilih.

Fitur lain yang sering membuat penasaran bagi mahasiswa yaitu Kartu Hasil Studi sebagai fasilitas yang dapat digunakan untuk melihat hasil studi mahasiswa di setiap semester, dengan urutan matakuliah dan didampingin nilai-nilai yang sudah di update oleh dosen pengampuh. Hasil ini berupa nilai-nilai matakuliah dan hasil IP yang dapat dilihat secara online serta dapat pula di cetek untuk disimpan.

Adapulah berupa fitur yang menunjukan keseluruan hasil-hasil kuliah yaitu Transkrip Nilai yang berisi informasi nilai hasil studi mahasiswa mulai dari semester awal sampai dengan semester terakhir kuliah mahasiswa. Transkrip ini dapat dicetak dalam bentuk transkrip dan dapat pula dapat dilihat secara online. Selain itu terdapat pula jumlah sks matakuliah yang diambil dan IP Kumulatif. Dibawah itu ada fitur FAQ (Frequently Asked Question) merupakan menu atau fitur yang digunakan untuk melihat pertanyaan dan jawaban yang sering dibahas.

Beberapa menu merupakan fitur untuk mencari sesuatu informasi. Salah satu fitur tersebut yaitu Judul tugas akhir merupakan fitur untuk mencari Judul tugas akhir yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan. Informasi Akademik berisi informasi-informasi yang berkaitan dengan hal akademis. Ada Workshop berisi informasi yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan workshop yang sedang maupun akan dilaksanakan.

Fitur terakhir di bagian menu academics adalah Forum Diskusi yang diharapkan dapat dipakai untuk berdiskusi antara para civitas akademika Universitas Trunojoyo Madura dan saling membangun wacana untuk kemajuan. Oleh karena itu, dalam fitur ini dilarang keras memaki dan menghujat dalam forum.

Pada penjelasan diatas adalah penjelasan pada bagian menu Academics, adapula menu pada bagian Virtual Class yang berisikan Materi Kuliah, Pengumuman, Tugas Kuliah, Diskusi Online, Agenda Kelas, Agenda Pribadi, File Sharing, Referensi, Panduan . Sebagai penjelasannya akan di jelaskan pada paragraph-paragraf berikutnya.

Virtual Class yang berfungsi sebagai alat bantu dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Untuk Fungsionalitas Portal e-Learning Mahasiswa di bagi dalam 9. Virtual Class merupakan kelas yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Kelas virtual berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas. Perbedaan antara kelas virtual dengan kelas biasa adalah adanya pembatasan berkomunikasi. Dalam kelas virtual dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.

Daftar Materi fitur ini berfungsi dan digunakan oleh dosen untuk mengelola materi mata kuliah yang diampuhnya. Dengan menampilkan daftar materi kuliah, menampilkan detail materi kuliah, menampilkan file materi kuliah. Menu ini digunakan untuk mencari materi serta dapat untuk digunakan mendownload. Adapula fitur pengumuman yang berfungsi untuk digunakan oleh Mahasiswa ketika melihat pengumuman baru yang ada pada tiap kelas atau mata kuliah yang diikuti serta dapat menampilkan detail pengumuman.

Menu yang terdapat dalam virtual kelas ini kebanyakan berfungsi untuk mencari dan membagi file untuk di download dan dipelajari. Semisalnya menu fitur Tugas Kuliah yang fungsinya digunakan oleh Mahasiswa untuk melihat tugas-tugas yang diberikan dosen mata kuliah yang diikutinya, Menampilkan Detail Daftar Tugas, Menampilkan File Tugas. Namun sebelum itu mahasiswa diperintahkan untuk mencari terlebih dahulu melalui kolom pencarian yang tersedia. Selain itu, terdapat juga File Sharing yang berfungsi untuk digunakan oleh Mahasiswa dalam melihat file, mengupload file. Menampilkan Daftar File Sharing dengan tujuan untuk saling bebagi. Begitu pula dengan fitur Referensi yang fungsinya sebagai alat yang digunakan oleh Mahasiswa untuk menampilkan data referensi, Menampilkan Daftar Referensi Silabus, dan Menampilkan File Referensi Silabus.

Adapun fitur Agenda Kelas yang memiliki fungsi untuk digunakan oleh Mahasiswa ketika melihat agenda kelas yang ada pada tiap kelas mata kuliah yang diikuti serta Menampilkan Daftar Agenda. Selain itu, terdapat juga Agenda Pribadi, Fungsi ini digunakan oleh Mahasiswa untuk melihat, menambah, dan menyimpan daftar agenda pribadinya, Menampilkan Daftar Agenda Pribadi, dan Menambah Agenda Pribadi. Untuk membuat agenda maka pada form Tambah Agenda Pribadi, harus menentukan :
  • Nama Agenda, tentukan nama agendanya.
  • Frekuensi, pilih jenis frekuensinya apakah mingguan, bulanan, atau insidental.
  • Hari/Tanggal, tentukan tanggalnya.
  • Jam, tentukan waktunya.
  • Keterangan, tuliskan keterangan seperlunya.
  • Selanjutnya tekan tombol Simpan untuk menyimpan data yang telah dibuat.
  • Atau dapat dihapus dengan memasuki menu menghapus Daftar Agenda Pribadi
Diskusi Online, Fungsi ini digunakan oleh Mahasiswa untuk mengikuti diskusi online pada mata kuliah yang diikutinya. dapat Menampilkan Daftar Forum, Menampilkan Daftar Topik Forum Kuliah, Menampilkan Detail Topik Forum Kuliah. Perlu pula diketahui tentang Langkah-langkah untuk menampilkan detail topik forum kuliah adalah sebagai berikut, Pilih menu Diskusi Online Pada halaman Daftar Mata Kuliah, pilih dan klik link mata kuliah yang terdapat pada kolom mata kuliah, kemudian Pada halaman Daftar Forum, pilih dan klik link nama forum yang terdapat pada kolom forum, setelah itu Pada halaman Daftar Topik, pilih dan klik link judul topik yang terdapat pada kolom forum, Selanjutnya akan tampil halaman Daftar Pesan, lalu Untuk mengirim pesan, isikan pesan pada form Kirim Pesan dan tekan tombol Kirim.

Jika terdapat beberapa kendala ataupun permasalahan dalam menjalankan portal akademik, Masalah seperti lupa password dan ID, kelas penuh, gangguan koneksi yang cukup lama hingga beberapa hari ataupun kendala yang lain. Dalam hal itu, mahasiswa disarankan untuk melapor kepada Administrator TU di masing-masing fakultas, namun jika permasalahan tidak bisa ditangani TU, maka silahkan untuk menghubungi pihak administrator yang berada di gedung cakra lantai lima pada ruangan pusat komputer.

Adapun fungsi untuk dosen menggunakan portal akademik ini dengan tujuan seperti melihat record mahasiswanya, mengambil sks matakuliah yang akan diampuh, serta membagikan materi dan dapat menjalankan beberapa virtual kelas serta fitur-fitur lainnya. Kurang lebih fungsi portal bagi dosen sama seperti mahasiswa, hanya dosen punya wewenang lebih dalam menjalankan fitur-fitur yang ada. begitupula dengan Administrator yang pastinya punya wewenang lebih dalam mengelolah situs tersebut. Cukup berfariasi kemudahan yang ditawarkan oleh portal akademik untuk civitas Universitas Trunojoyo Madura melalui websitenya siakad.trunojoyo.ac.id. Website tersebut selalu dikembangkan sejak tahun 2006 hingga penyempurnaan pada tahun 2009 kemudia mengalami lagi peningkatan pada tahun 2012 dan trakhir diperbaiki kembali dengan menambahkan background di halaman login pada tahun 2016. Selain itu, pihak Universitas berencana untuk bisa bekerja sama dengan semua pihak bank agar proses pembayaran akan lebih mudah bagi mahasiswa regular.

Sekian - Terima Kasih

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home