Wednesday 21 March 2018

Sejarah Berdirinya JTV Jember

Tepatnya pada tanggal 7 desember 2004 JTV Jember berdiri dan dikelolah oleh M. Iqbal, S.Ip sebagai pimpinan yang memiliki pemikiran kreatif dan penuh tanggung jawab. Berkat usaha yang telah dilakukan dengan didukung tujuh crew dan beberapa peralatan pada waktu itu, televisi ini mampu untuk terus berkembang.

JTV Jember merupakan televisi yang berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT) Jujur Jember Televisi. Perusahaan ini merupakan perusahaan swasta yang mendirikan televisi lokal dari Jawa Pos Grup. Pada masa itu, televisi ini memiliki program-program unggulan seperti Wedang Cor, Suwar-Suwir dan News, namun beberapa perubahan program selalu dilakukan demi perkembangan kualitas televisi ini. Hingga saat ini, berbagai perubahan dan perkembangan terus dilakukan yang akhirnya mampu menciptakan program-program yang masih diminati oleh khalayak, seperti Berita Tapal Kuda (BTK), Lagu, Lirak-Lirik, serta Dialog Jember dan beberapa program event lainnya.


JTV Jember selalu mencoba memberikan program tepat sasaran bagi perusahaan, sehingga suatu inovasi selalu dicoba oleh televisi ini, termasuk dalam membentuk Divisi Event Organizer yang dikelola secara profesional. Tujuan utama dari divisi ini, yaitu mempertemukan antara produsen dengan konsumen secara efektif melalui peran media di dalamnya. Sudah banyak event yang digelar, baik yang diproduksi sendiri maupun yang diminta oleh pihak lain.

Selama perjalanannya JTV Jember berhasil memperoleh beberapa prestasi dalam hal kerja sama berkat adanya Divisi Event Organizer. Perolehan tersebut merupakan salah satu prestasi yang berharga bagi pihak JTV Jember, beberapa prestasi kerja sama tersebut, antara lain; Audisi Presenter 2011, Tobacco Expo 2014, Madrasah Expo 2014, Origami Expo 2014, Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) Goyang Cuci Tangan 60.000 peserta 2014 dan Bangga Jatim 2015.

Prestasi yang diperoleh JTV Jember patut diperhatikan, namun di balik perolehan yang cukup baik itu, televisi ini memiliki beberapa kendala. Khususnya kendala yang sempat dialami adalah persaingan dengan televisi kabel. Karena lebih dari 70% masyarakat Jember yang berdomisili di Kabupaten Jember bagian kota menyaksikan tayangan melalui televisi kabel, sehingga siaran JTV Jember hanya ditonton oleh pengguna antena UHF. Dibalik kendala tersebut, JTV Jember sudah mempersiapkan strategi untuk mengatasinya, yaitu dengan cara mengenalkan tayangannya kepada khalayak melalui branding disetiap event dan melakukan greeting mulai dari Bupati, Pimpinan Bank, Pejabat BUMN, Ulama, Tokoh masyarakat, hingga masyarakat biasa. Hal ini terbukti berhasil dilakukan oleh JTV jember, hingga saat ini JTV jember mampu bertahan dan memberikan tayangan ataupun program siaran yang diminati.

Visi dan Misi JTV Jember
Sebagai suatu media massa yang berdiri cukup lama dan masih aktif, JTV Jember memiliki sebuah visi dan misi, sebagai berikut ;
1. Visi
  • Menjadi televisi nomor satu dan terbesar di Kabupaten Jember.
2. Misi
  • Menjadi referensi terdepan masyarakat Kabupaten Jember.
  • Memupuk rasa tanggung jawab dan memiliki JTV Jember di hati masyarakat Jember.
  • Sebagai wadah komunitas warga sekaligus tontonan televisi yang menghibur.
  • Sarana promosi yang baik dan tepat bagi semua produsen.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home