Wednesday 25 April 2018

Hasil Recruitment Trans Media Digital Development Program 2018


Beberapa waktu yang lalu Trans Media mengadakan event recruitment secara besar-besaran ke 4 kota besar di Indonesia, tepatnya di Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta. Event tersebut dinamai sebagai Trans Media Digital Development Program (DDP) 2018. Perlu diketahui juga bahwa setiap tahap seleksi yang dilaksanakan memiliki pembagian waktu yang berbeda di setiap kota. Saat ini acara tersebut dinyatakan berakhir dan telah mengumumkan hasil dari interview-nya.

Sehubungan dengan acara DDP 2018 tersebut, aku akan menjabarkan keseluruhan jumlah peserta yang mendaftar dan jumlah peserta yang diterima. Perlu dicatat bahwa jumlah peserta yang aku jabarkan hanya sebatas peserta dari data online, sedangkan untuk peserta yang mendaftar secara langsung/on the spot tidak diketahui jumlah pastinya.

Aku mulai untuk menghitung keseluruhan peserta di 4 kota. Surabaya memiliki 1.443 peserta, Bandung 1.943 peserta, Yogyakarta 2808 peserta, dan Jakarta 10.372. Ini artinya jumlah keseluruhan peserta adalah 16.566 yang sudah mendaftar online dan mengikuti psikotes dan kabarnya jumlah peserta yang sesungguhnya dilapangan mencapai 20.000 ketika digabungkan dengan peserta yang mendaftar on the spot.

Dalam recruitment ini ada dua tahap, yaitu psikotes dan interview. Sudah diketahui jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti psikotes adalah 16.556 peserta yang mendaftar online. Setelahnya mengikuti psikotes maka diumumkan hasil peserta yang lolos, Surabaya menyisahkan 442 peserta, Bandung 570 peserta, Yogyakarta 499 peserta, dan Jakarta 1.124 peserta. Jumlah keseluruhan 2.635 yang berarti 13.921 peserta gugur dalam psikotes yang diselenggarakan trans media.

Setelah proses psikotes, berlanjut pada tahap interview. Sudah jelas bahwa jumlah peserta gugur sudah cukup banyak di tahap psikotes, begitupula dalam seleksi interview saat itu. Dari jumlah peserta 2.635 orang di tahapn interview, akhirnya hanya meloloskan 117 peserta yang telah diumumkan pada website resminya dan sebagian lain “katanya” dihubungi secara personal.

Jika mengacu pada jumlah 16.566 peserta yang hanya meloloskan 117 peserta dari seluruh wilayah recruitment, maka dapat di terawang bahwa jumlah peserta gugur secara keseluruhan adalah 16.449 peserta. Kalau ngilihat jumlah sebesar ini kayaknya bisa mengalahkan tes pegawai negeri dalam hal menggugurkan peserta.

Sebelum aku akhiri tulisanku kali ini, aku sarankan pada peserta di tahun yang akan datang dapat menyiapkan diri lebih baik karena proses seleksi dari trans media sangatlah ketat. Selain itu, untuk seluruh peserta yang gugur dalam mengikuti DDP tahun ini diharap dapat menerima hasil yang sudah ada. Mungkin di trans media bukanlah jalan yang cocok untuk kita dan aku yakin bahwa tuhan tahu jalan terbaik untuk kita semua. Kalau untuk peserta yang sudah diterima, aku ucapkan selamat dan semoga selalu dilancarkan.

Kurasa cukup sekian tulisan kali ini.Jika teman-teman ingin tau proses lebih detail-nya dalam menjalani psikotes dan interview di trans media, silahkan membaca tulisanku mengenai psikotes trans media di sini (Psikotes Trans Media) dan interview-nya di sini (Interview Trans Media).

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home