Wednesday 11 April 2018

Profil Bisnis Mie Akhirat Surabaya


Awal Berdirinya
Berawal pada Oktober 2011, ide untuk mengembangkan bisnis kuliner aneka varian Mie dengan sensasi pedas yang memiliki level kepedasan yang manusiawi dan mengingatkan kepada masyarakat luas terutama target pasar untuk mengingat adanya Akhirat,serta Suga dan Neraka.

Fisolosi Usaha
Menebar manfaat sebesar besarnya.
Menjadi brand lokal yang mampu bersaing dengan brand luar negeri yang mulai berdatangan ke indonesia.

Nama Pemilik
Nama : Novaldy Arief Pradika
Jabatan : Pemilik Mie Akhirat
Bidang Usaha : Kuliner

Daftar kepala bagian kruw Mie Akhirat
Nama : Wawan, Jabatan : GM
Nama : Dikiy, Jabatan : Marketing
Nama : Rahmah, Jabatan : KOP
Nama : Sujak, Jabatan : BAR
Nama : Diana, Jabatan : kasir
Nama : Mustaqim, Jabatan : cook 1
Nama : Suci, Jabatan : cook 2
Nama : Bagus, Jabatan : FC
Nama : Maria, Jabatan : Watres
Nama : Figur, Jabatan : STW

Omset berbulan Mie Akhirat ini adalah 33 juta, karena dalam sehari bisa mendapat omset 11 juta.
Makna lambang mie Akhirat adalah Mie akhirat memiliki level kepedasan yang manusiawi untuk mengingat adanya akhirat serta Surga dan Neraka.

Jumlah Pelanggan dan Pembeli
Jumlah pelanggan di Mie Akhirat setiap harinya bisa mencapai 105 pelanggan sedangkan jumlah pembeli Mie Akhirat bisa mencapai kurang lebih 205 orang

Strategi Penjualan Product
1. Sistem Pemasaran
  • Menggunakan 2 media offline dan online :
  • Offline, penyebaran brosur, umbul-umbul dan spanduk saat opening.
  • Online, info artikel via web, buzzer dengan melibatkan akun kuliner, local artist, yang berfollower besar,blogger dan komunitas.
2. Sistem Produksi
  • Produksi dijalankan dengan membuat Plan Produksi harian terlebih dahulu berdasarkan estimasi penjualan
  • Produksi dilakukan di awal shift berdasar Pland Produksi
  • Mengutamakan kesegaran produk dengan produksi harian dengan monitoring pencapaian sales harian.
  • Metode produksi secara tradisional dengan target rasa yang standar .
  • Produksi berdasar Standar Operasional Prosedur (SOP)
3. Sistem Operasional
  • Pengadaan bunbu secara terpusat, dari Manajemen pusat dengan target rasa standar dan sama.
  • Pengadaan bahan baku utama (tepung/cabai) maupun bahan pendukung dengan melibatkan supplier. Target kualitas bahan Baku standar, pembayaran yang simple dan memanimlisir kebocoran.
  • Monitoring stok bahan baku utama dan pendukung.
4. Sistem Keuangan
  • Menggunakan lembar kerja yang sudah tersedia
  • Rekonsiliasi harian anara rekapitulasi penjualan dengan stok.
  • Pembayaran ke supplier secara berskala, menekan frekuansi cash out.
5.Sistem Pengelolaan SDM
  • Sistem shift untuk pengaturan jam kerja
  • Sistem kontrak karyawan dengan perjanjian kerja
  • Sosialisasi peraturan perusahaan secara kontinu
  • Briefing rutin awal dan akhir shift, evaluasi perfomance dan kasus yang terjadi secara harian.
Standard Mie Akhirat
1. Kriteria Lokal
  • Lokasi berada ditempat strategis: area kamus, jalur menuju perumahan,tempat kuliner,dan atau perkantoran
  • Ukuran bangunan 100-120 m2 (lembar minimal 6 meter)
  • Lahan parkir yang memadai
2. Perijinan dan Legalitas
  • Ijin usaha
  • Ijin reklame
3. Peralatan
  • Menggunakan alat-alat kerja yang standar dan terlampir
4. Perlengkapan
  • Meja,kursi, neon, box,spandex
5. Kegiatan Sebelum Bisnis Berjalan
  • Proteksi terhadap lokasi yang akan di sewa
  • Pengadaan peralatan dan perlengkapan
  • Pengadaan Media Promosi
  • Rekrutmen karyawan
  • Training karyawan
  • Pengurusan perijinan
Target Market Mie Akhirat
1. Demografi Target Market
  • Kelompok usia : 15-25 tahun dan 25-35 tahun
  • Jenis kelamin : perempuan
  • Pendidikan : SMA(atau yang sederajat), mahasiswa (diploma/sarjana)
  • SES : B
  • Profesi : pelajar,mahasiswa dan pekerja
  • Suku : all in indonesia
  • Agama : all in indonesia
  • Hobby : Travelling,ola raga
  • Kendaraan : Sepeda motor tahun 2011 dan mobil tahun 2000 up
  • Hp : Blacberry dan Android (Smart phone)
2. Geografi Target Market
  • Radius outlet dengan tempat tinggal :0-10.000 meter
  • Radius tempat kerja :0-7.000 meter
  • Radius seklah /kampus :0-5.000 meter
  • Jenis lingkungan tempat tinggal : Pelajar,menengah ke atas harga rumah
  • Rp.250-350 juta Mayoritas Profesional, Muda, keluarga muda,
  • Jarak tempuh outlet : 5-30 menit
Landasan Operational Mie Akhirat
  • Menyajikan aneka olahan mie dengan konsep mie hitam putih, dengan aneka macam topping serta menu tambahan sebagai pelengkap sajian
  • Bahan baku utama adalah tepung dan capai brkwalitas yang didapatkan dari suplier sesuai dengan lokasi gudang sehingga dapat menjaga kalitas serta harga bahan baku
  • Pengadaan bahan baku maupun bumbu bumbu dapat diperoleh dengan mudah dari suplier kawasan outlet maupun dikirim dari manajemen pusat
  • Menggunakan suplemen suplei teratur dengan melibatkan suplplier bahn pendukung dll untuk menekan kebocoran
  • Produksi dilakukan dengan car modern sehingga mendapatkan kualitas dan kehandalan dalam memproduksi yang terus terjaga
  • Penyajian product adalah dengan mangkok serta piring melamin dengan porsi yang distandarkan sehingga memudahkan kontrol stok dan penjualan
  • Penyimpanan bahan baku utama dan supplies dilakukan freezer,kulkas 2 pintu dan Almari/Rak (logistik)
  • Pemasaran dilakukan via online dan offline . offline dengan menggunakan brosur, umbul-umbul dan spanduk saat opening. Online dengan menggunakan web,sosial media Twitter dan facebook,dengan melibatkan akun-akun kuliner serta local artis yang berfollower besar.
  • Menydikan promo diskon voucher saat opning
  • Pemesanan dilakukan oleh pelanggan dengan menggunakan captain order dengan di dampingi oleh waitress
  • Dengan menggunakan sosialmedia twitter , maka komunikasi dengan pelanggan di bangun via media ini.
  • Monitoring bisnis ilakukan dengan menggunakan lembar lembar kerja yang standartd, rkapitulasi penjualan ( by menu by hour) . manajemen kontrol stok yang dilakukan harian
  • Pembiayaan outtlet / warung di awal dengan modal kerja yang terpisah , agar dapat diketahui performace bulanan.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home