Wednesday 21 March 2018

Memahami Stand-Up Comedy


Stand-up comedy adalah sebuah bentuk pertunjukan seni komedi modern. Biasanya seorang comedian/comic tempil di depan para penonton membawakan jokes, berbicara langsung kepada mereka dan menghadapi reaksi penonton juga secara langsung dan seketika (Papana, 2016: 5). Saat ini stand-up comedy sudah menjadi sebuah profesi bagi sebagian orang yang memiliki keahlian dalam berkomedi, meskipun diawali dari hobby, stand-up comedy bisa berkembang menjadi profesi.

Biasanya cafe, gedung, atau kampus akan memberi bayaran atas pertunjukan stand-up comedy walaupun ada beberapa tempat yang hanya meminta pertunjukan secara sukarela. Pertunjukan stand-up comedy yang sukarela biasanya berupa open mic dimana para penampil mencoba sebuah materinya diatas panggung, sedangkan pertunjukan berbayar biasa disebut dengan stand-up comedy show dimana penampil akan menampilkan materi yang layak untuk ditampilkan. Papana menjelaskan dalam bukunya, tentang stand-up comedy di dunia barat, menulis mengenai stand-up comedy yang akan menghasilkan 3R, yaitu respect (dihargai), rememberance (diingat), dan reward (diberi imbalan) (Papana, 2016: 14).

Banyak yang perlu diketahui mengenai stand-up comedy, terutama bagi yang berkeinginan untuk belajar tampil dalam pertunjukan stand-up comedy, yang terpenting mengetahui sejarah stand-up comedy terlebih dahulu. Oleh karena itu, silahkan baca juga artikel mengenai asal-usul stand-up comedy di link ini (Asal-Usul Stand-Up Comedy).

Comic
Pertunjukan stand-up comedy ditampilkan oleh satu orang diatas panggung, biasanya seorang yang tampil ini disebut stand-up comic atau secara singkat disebut comic, mereka akan tampil seorang diri di hadapan penonton dengan cara bermonolog. Papana menjelaskan, bahwa para penampil stand-up comedy, biasanya di sebut sebagai comic, stand-up comic, stand-up comedian, atau comedian, sedangkan yang wanita disebut commedienne (Papana, 2016: 5).

Para comic ini biasanya memberikan beragam cerita humor, lelucon pendek atau kritik-kritik berupa sindiran terhadap sesuatu hal yang sifatnya cenderung umum dengan berbagai macam sajian gerakan dan gaya. Selain itu, comic menyiapkan diri selama bertahun-tahun untuk mengembangkan materi berdurasi 45 menitnya, untuk menyempurnakan materinya itu (Papana, 2016: 7). Sebelum pertunjukan stand-up comedy di atas panggung, seorang comic akan mempersiapkan materi, mereka membuatnya dengan jangka waktu bermacam-macam dan mengembangkan dalam jangka waktu yang lama.

Materi Stand-Up Comedy
Comic profesional akan mempersiapkan materi dan delivery secara terstruktur dengan menggunakan formula yang sangat spesifik (Papana, 2016: 38). Materi dari sebuah pertunjukan stand-up comedy akan dipersiapkan terlebih dahulu sebelum pertunjukan dimulai, seorang comic biasanya mencatat, menulis dan menyusun semua materinya. Selain itu, materi yang sudah terbentuk sering kali masih dikembangkan lagi untuk pertunjukan lainnya, mengembangkan materi ini biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Semua meteri yang diperlukan ada di dalam diri sendiri, dalam hidup, lingkungan, keluarga, pergaulan, sekolah dan pikiran atau pada masalah seorang comic (Papana, 2016: 47). Penjelasan ini menerangkan bahwa sesuatu yang dekat, bahkan sebuah permasalahan seorang comic dapat menjadi sebuah materi yang menarik dan lucu. Formula dasar materi stand-up comedy adalah sebuah bit atau joke yang terdiri dari set-up dan punchline, munculnya format materi biasanya diawali dari adanya perasaan terhadap sebuah peristiwa yang biasanya disebut dengan istilah premise. Menurut Dean (2012: 14) set-up dan punchline biasanya didefinisikan sebagai berikut:
  1. Set-up adalah bagian pertama dari joke, yang menyiapkan orang untuk tertawa.
  2. Punchline adalah bagian kedua dari joke, yang membuat orang tertawa.
Ada pula beberapa struktur lain yang terkadang digunakan oleh para comic untuk menambah fariasi materi komedinya, meskipun isi dari struktur lain tetap saja berupa set-up dan punchline.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home