Thursday 22 October 2020

Kegiatan Magang di Televsi (JTV Jember) : dikutip dari laporan magang pribadi.

Pelaksanaan kegiatan Magang penilis(saya) memiliki judul Kuliah Kerja Komunikasi (KKK) yang dilaksanakan di JTV Jember, dalam pelaksanaannya memberikan hasil yang bermanfaat bagi penulis. Hasil yang diperoleh penulis selama kegiatan KKK akan penulis uraikan lebih jelas diparagraf berikutnya.

Kuliah Kerja Komunikasi (KKK) ditempuh selama dua bulan oleh penulis, tepatnya pada tanggal 20 september 2016 sampai 20 november 2016 dengan hari kerja setisp senin sampai sabtu pukul 15.00 – 22.00, sedangkan beberapa program tertentu akan dilaksanakan sekitar 13.00 – selesai ataupun 07.00 – selesai. Kegiatan KKK ini bertempat di JTV Jember, yang memiliki kantor di Gedung Graha Temprina Lantai 2 Jawa Pos Grup, Jalan Imam Bonjol No.129, Tegal Besar, Jember, Jawa Timur.

Sebelum melaksanakan kegiatan KKK di JTV Jember, terlebih dahulu penulis menyusun proposal untuk diajukan kepada pihak instansi. Pengajuan proposal diajukan pada JTV Jember, atas pertimbangan dari pihak instansi akhirnya penulis diterima untuk melaksanakan kegiatan KKK di JTV Jember.

Pihak JTV Jember memberikan kesempatan kepada penulis untuk bekerja pada divisi tertentu, atas kesempatan itu penulis menetapkan diri untuk berada pada Divisi Master Control yang bertugas di Master Control Room (MCR). Selain itu, penulis sempat berada pada posisi crew cameraman dan editor.

Penulis mendapat ketentuan untuk berfokus pada satu program siaran, yaitu pada program Berita Tapal Kuda (BTK), namun penulis tetap mendapat kesempatan untuk mengikuti beberapa produksi program siaran lainnya. Produksi yang dilakukan selama berada di JTV Jember merupakan kegiatan rutinitas setiap hari kerja, khususnya pada produksi BTK. Selain itu, penulis berkesempatan pula memproduksi program-program lain seperti Lagu, Dialog Jember, Lirak-Lirik, Pewayangan, Tarung Dangdut. Program-program yang dimaksud memiliki ketentuan tersendiri dalam proses produksinya.

Penulis memutuskan untuk berada pada Divisi Master Control yang berkerja di dalam Master Control Room (MCR). Bagi penulis mencoba sesuatu yang baru merupakan suatu bentuk proses pembelajaran. Selain itu, penulis menyadari bahwa divisi ini memberi kesempatan untuk mengelolah gambar dan suara, serta memegang kendali terhadap konsep program siaran yang akan ditayangkan.

Master Control Room (MCR) atau disebut ruang kendali siaran televisi merupakan ruangan yang berisikan perangkat teknis utama penyiaran dalam mengontrol segala proses siaran televisi. Penjelasan dari Sri Sartono dalam buku “Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film menjelaskan tempat dari MCR, ruang ini dekat/bersebelahan dengan ruang studio rekaman dan dibatasi dengan kaca oneway yang hanya tembus pandang dari ruang pengendali ke ruang rekaman (2008:190). MCR menjadi pusat dari segala kegiatan produksi siaran yang ada di penyiaran televisi. Ruangan ini sangat penting karena semua materi siaran harus melalui MCR terlebih dahulu, sebelum akhirnya dipancarkan ke satelit. Materi siaran biasanya berupa iklan, logo, program-program, running text, dan sebagainya telah disiapkan di MCR.

Beberapa bagian crew yang bertugas pada MCR di JTV Jember biasa disebut dengan Divisi Master Control yang terdiri dari beberapa crew yang memiliki tugas masing-masing untuk mengoprasikan peralatan ataupun memberi intruksi. Divisi ini merupakan pusat kegiatan penyiaran, meliputi pengoperasian peralatan siaran televisi dan hal-hal non-teknis seperti pengaturan waktu tayang. Seluruh materi siaran akan melalui MCR dan kemudian menuju perangkat uplink untuk ditransmisikan melalui satelit.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home