Sunday 29 January 2017

Kampung Perajin Wayang di Jogja

Ada beberapa kampung perajin wayang di jogja tepapi di Desa Gendeng, Bantul merupakan tempat yang lebih dikenal oleh orang jogja sebagai kampung perajin wayang karena di daerah tersebut ada salah satu tokoh pembuat wayang terkenal yaitu bapak Sagio, berikut ini artikel yang membahas lebih dekat tentang bapak sagio (Sagio Senior Pembuat Wayang Jogja).

Kampung ini sejak dahulu memang dikenal sebagai kampung perajin wayang yang khususnya adalah wayang gaya jogja. Wayang gaya jogja ini mungkin sangat sulit ditemukan lagi pada era modern ini, namun jangan kawatir karena di daerah Desa Gendeng ini masih ada beberapa perajin wayang gaya jogja yang bagus. Sebelum melanjutkan untuk membaca, lebih baiknya pahami terlebih dahulu mengenai wayang gaya jogja di sini (Wayang Kulit Asli dari Jogja).


Mugnkin wayang saat ini mulai jarang di temukan namun kolektor-kolektor wayang masih akan ada untuk memburu koleksi wayang. Oleh karena itu, perajin wayang yang ada di Desa Gendeng ini masih bertahan. Selain untuk membudayakan budaya, hal ini juga akan membuat harga wayang akan semakin mahal karena wayang akan jadi barang langkah dan susah dicari. Perajin-perajin wayang di Desa Gendeng ini ada sejak tahun 70an dan bertahan hingga sekarang. Walau tidak semua bisa bertahan namun setidaknya masih ada perajin yang konsisten.

“Dulu disini banyak sekali perajin wayang, namun sekarang sudah berkurang. Apalagi perajin wayang gaya jogja, setau saya di desa ini cuma ada dua saja yang masih membuat wayang gaya jogja” cerita dari bapak sumirto warga yang tinggal di daerah tersebut.

Beberapa warga sangat mendukung adanya perajin-perajin wayang ini karena memang ini bisa membawa keuntungan sendiri bagi warga setempat secara tidak langasung. Akhir-akhir tahun ini perajin wayang satu persatu mulai gugur hal itu membuat warga pun juga mulai kecewa karena mereka berharap bahwa Desa Gendeng mempunyai kerajinan yang dikenal oleh masyarakat luar dan bisa membuat Desa Gendeng selalu ramai pengunjung.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home